COMEBACK POST: Kaya Akan Perbaikan Diri [1]

Published August 16, 2013 by prinprincess

“Ini tuh akarnya cuma diputusin sama pacar pertama loh! Akarnya cuma galau-alay!”

Assalamu’alaikum wr.wb.

Long time no write here! Pas nulis judul, rasanya beda. Dipikir-pikir apa yang bikin beda? Langsung kepikiran judul post ini: “Kaya Akan Perbaikan Diri”. Dipikir lagi, ya mungkin itu yang bikin beda. Recent post total didedikasikan untuk seorang anak Adam dengan tulisan melankolis yang sarat dengan cinta, luka, dan kenangan. Sekarang, baca ulang tulisan-tulisan itu pun rasanya gakmau, ingin dihapus pun rasanya percuma. Tulisan-tulisan itu udah terlalu lama mengambang di halaman merah muda ini; udah terlalu banyak orang yang salah masuk dan akhirnya sedikit sedikit baca tulisan aku yang super galau-alay.

Dan sekarang mungkin gak akan ada lagi post tulisan-tulisan teruntuk sang mantan, meski di folder pribadi aku udah numpuk tuh tulisan. Ya, tulisan itu cuma untuk sendiri aja. Niatnya sih, kalau aku meninggal dunia lebih dulu daripada mantan aku dan seluruh keluarga aku, aku mau nitip pesen ke ibu aku biar mantan aku baca semua tulisan aku itu. Ngga tau juga apa gunanya ehehe, tapi yaaa cuma biar dia tau aja sih gimana perasaan aku.

Iyes, let’s move up, let’s move on! Belakangan ini kerjaan aku baca, baca, dan baca. Sebelum liburan, niatnya baca buku pelajaran sih, aku kira itu niat udah bulet banget sebulet-buletnya. Tapi ternyata runtuh duluan sebelum dicoba. Alhamdulillah, pulsa modem diisiin papah, so I can read a thousand texts everyday. Dan yang banyak aku baca di internet ituuuu artikel-artikel islami. Dan ternyata…. banyak membantu!

Dari hasil menjelajah internetlah aku akhirnya tau kalau ada yang namanya puasa syawal. Di umur aku yang tiga hari lagi menuju 16 tahun ini, entah aku malu rasanya waktu sadar bahwa ternyata banyak hal yang belum aku tahu soal Islam. Malu super malu. But, ya, it’s useless untuk berpikiran gitu. Tapi pikiran begitu sangat memotivasi untuk aku lebih menambah pengetahuan tentang agamaku sendiri.

Aku pun coba untuk berpuasa syawal mulai dari tanggal 4 Syawal, karena baru di hari itu aku tahu soal salah satu puasa sunnah tersebut. Dan hari ini, aku baru saja mengakhiri ibadah puasa syawalku. Trust me, sisters and brothers, I feel better. Mari berbagi pengalaman demi menambah motivasi kita untuk giat beribadah tanpa henti! Berpuasa mendorong aku untuk melakukan banyak ibadah lainnya seperti banyak membaca Al-Qur’an, banyak bersedekah, melakukan shalat-shalat sunnah, dll.

Jangan dikira aku menjalani puasa syawal selama enam hari dengan woles woles aja; godaan – cobaan – ujian; banyak bangeeeeeeet! Ini nih, hari pertama kan lagi semangat semangatnya banget tuh pertama kali puasa syawal, segala macam ibadah dilakuin. Nah, hari kedua frekuensinya mulai berkurang. Hari ketiga frekuensinya datar tapi ada ibadah yang berkurang. Pokoknya di setiap harinya beda-beda deh, menurut aku sih ini karena keimanan yang belum kokoh, belum padat. Sekelibat agak kecewa juga sama diri sendiri soal itu, tapi aku hajar aja deh dengan do’a. Semoga semua amal ibadah baik aku selama enam hari maupun selama hidup aku ini diterima sama Allah SWT. Aamiin. Tapi salah satu buah yang aku petik dari puasa syawal ini adalah bahwa aku menjadi terbiasa dan nyaman dengan puasa, dulu dulu kan puasa itu pasti cuma di Ramadhan aja, di luar itu paling cuma bayar qadla. Dan biasanya sehabis itu gak terlalu mengena, makanya tahun ini tuh serba beda!

2013. Banyak usaha-usaha perbaikan diri yang aku lakuin, terutama usaha semakin mendekatkan diri sama Allah. Banyak hal yang mampu mengetuk pintu hati aku untuk terbuka dan melihat mana yang makruf dan mana yang munkar. Perenungan-perenungan sebagai seorang jomblo baru rupanya sangat bermanfaat buat perihal dunia dan akhirat aku. Ini tuh akarnya cuma diputusin sama pacar pertama loh! Akarnya cuma galau-alay! Friends, cobalah menggali apa yang ada di balik sesuatu yang telah terjadi; hikmah. Terutama yang masih galau putus cinta, pada akhirnya (kalau kalian telah menemukan hikmah tersebut) kalian hanya akan berterimakasih pada mantan kalian karena kalian udah diputusin. Karena ternyata kalian menemukan sesuatu yang lebih lebih lebih berharga ketimbang pacaran. Terutama perempuan muslimah, karena ternyata kalian diselamatkan oleh Allah dari segala yang bisa menghinakan kalian, kita.

COMEBACK POST: Kaya Akan Perbaikan Diri [2]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: