[Recommended Books] The Jostein Gaarder’s

Published March 26, 2013 by prinprincess

Untuk seluruh pembaca yang menyukai bacaan cerdas dan berkualitas yang mengasyikkan, try to check these books! It’s Jostein Gaarder’s smart novels!


The Jostein Gaarder's

Ketiga novel di atas adalah sedikit dari karya-karya Jostein Gaarder, seorang penulis Norwegia yang pernah menjadi guru filsafat di Swedia. Penulis profesional ini lahir di Oslo, Norwegia pada tanggal 8 Agustus tahun 1952. Dia mempelajari bahasa-bahasa Skandinavia dan Teologi di University of Oslo.

Jostein Gaarder

Gambar ketiga novel di atas adalah novel karya Jostein Gaarder, salah satunya novel hasil kerjasamanya dengan seorang penulis terkemuka Norwegia juga yaitu Klaus Hagerup yang tulisannya kebanyakan adalah bacaan anak dan remaja yang banyak digemari di Skandinavia dan Jerman. Novel tersebut berjudul ‘Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken’ atau judul aslinya ‘Bibbi Bokken magische Bibliothek’ yang pertama kali diterbitkan di Oslo pada tahun 1999 oleh H. Aschehoug & Co.

Novel tersebut menceritakan tentang kisah dua saudara sepupu yang tinggal di dua kota yang berbeda yang berhubungan melalui sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Buku-surat tersebut ternyata diincar oleh seorang wanita misterius bernama Bibbi yang bersama komplotannya dengan rahasia merencanakan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dalam dunia perbukuan. Kedua saudara yang bernama Berit dan Nils ini dengan berani mengambil langkah maju demi mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken.

Bukan hanya misteri yang membuat novel ini menarik, tetapi novel ini juga berisi cerita detektif, teori sastra, perburuan harta karun, petualangan ala Lima Sekawan, Klasifikasi Desimal Dewey, Astrid Lindgren, Ibsen, Winnie the Pooh, Anne Frank, kisah cinta, korespondensi, teori fiksi, teori menulis, puisi, sejarah buku, drama, humor dan masih banyak lainnya.

Salah satu ciri khas Jostein Gaarder dalam penulisannya adalah bahwa dia memadukan keindahan dongeng dan kedalaman perenungan. Tidak lupa dengan substansi yang sangat cerdas dan berkualitas yang menambah wawasan para pembacanya. Mungkin karena dia seorang guru filsafat, maka tulisannya pun tidak akan jauh dari filsafat. Buku karya Gaarder tidak boleh dipandang sebelah mata!

Kemudian ada Gadis Jeruk yang diterjemahkan dari The Orange Girl, juga disajikan dengan sangat unik dan istimewa. Tetap tidak lepas dari dongeng dan misteri, juga filsafat, novel ini masih segar untuk dibaca walau sudah diterbitkan sejak 10 tahun yang lalu (2003). Masih akan sesegar jeruk yang dibawa si Gadis Jeruk!

Jangan sampai kita melewatkan Dunia Sophie (Sophie’s World), si bestseller dunia!  Novel ini pertama kali diterbitkan di Norwegia dengan judul ‘Sofie’s Verden’ dan kini telah diterbitkan dalam lebih dari 30 bahasa di seluruh dunia. Berbagai tokoh maupun penerbitan di dunia mengakui kejeniusan dan kehebatan Gaarder dalam menyusun sebuah fiksi berpondasikan 3.000 tahun sejarah pemikiran. Orang akan dapat mempelajari filsafat dengan cara yang menyenangkan lewat novel ini. Sensasi misterius juga tercium dengan kuat dalam buku ini. Pembaca akan diajak berkeliling dunia dan berkenalan dengan tokoh-tokoh filsafat sepanjang masa ditemani seorang gadis kecil berumur 14 tahun bernama Sophie Amundsend. Sungguh warisan yang sangat berharga dalam dunia penulisan!

Donny Gahral Adian, M.Hum, ketua jurusan Filsafat di Universitas Indonesia berkata, “Novel ini berkisah tentang pergulatan dalam bertanya, berdebat, dan merenung pelbagai jawaban kehidupan. Cara berkisah novel ini pasti membuat pembaca awam semakin ‘kepincut’ untuk membacanya tanpa jeda.”

Di Indonesia, novel-novel ini diterbitkan oleh penerbit Mizan dalam edisi lama yang sederhana, juga dalam edisi Gold yang lebih segar. Cover buku yang sangat menarik akan membuat kita cepat-cepat membuka bukunya!

Selain ketiga judul di atas, masih ada beberapa buku karya Jostein Gaarder yang lain yang layak untuk dinikmati, di antaranya:
The Solitaire Mystery (Kabalmysteriet) (1990)
Through a Glass, Darkly (1993)
Maya (1999)
The Ringmaster’s Daughter (2001)
Dan masih banyak lagi!

Written by: @nisaamalia_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: