Anger

Published June 15, 2012 by prinprincess

Assalamu’alaikum.

Semua orang pernah marah, bahkan anak kecil sekalipun. Dan pada umumnya, marah itu sikap yang negatif. Kenapa ? Karena efek sampingnya juga pasti negatif: suasana jadi ga enak dan kacau, permusuhan, dendam, dan lain lain.

Dan tentunya, semua orang marahnya beda beda. Kemarahan mereka dikeluarin dengan cara tersendiri.

Ada yang dipendem, terus dia curhat dan meluapkannya dengan tulisan.
Atau ada yang emosi marahnya berubah jadi nangis. Dan pasti aja ada yang ngeluarinnya dengan cara marah-marah ga jelas, teriak-teriak lah, banting ini banting itu, semua orang dibentak padahal ga salah apa-apa, yang kaya gini nih yang biasanya paling labil, belum bisa mengontrol emosinya dengan baik dan belum tau caranya bersikap.

Sebenernya aku juga pernah kaya gitu, tapi dulu, waktu ‘belum bisa mengontrol emosinya dengan baik dan belum tau caranya bersikap’, masih kecil, belum ngerti apa-apa, segala diberantakin bahkan sampe main pisau.

Dan di usia remaja menuju dewasa, biasanya jati diri seseorang udah mulai terlihat. Sifat tetapnya kaya gimana dan ciri-ciri dia kalo lagi seneng, sedih, marah, dan perasaan lainnya juga mulai keliatan.

Sekarang bicara tentang aku nih, a-k-u. Karena kebetulan aku juga sedang berada dalam tahap remaja menuju dewasa. Sebagai percontohan aja gapapa kan ya.

Seperti yang udah disebutin di atas, dulu waktu kecil, kalo marah pasti kacau banget edan-edanan. SMP beda lagi, kalo bahasa anak jaman sekarang sih kerjaannya nyepet di facebook yang paling sering. Alay banget kan ? Iya emang, SMP itu jaman-jamannya aku curhat frontal di situs jejaring sosial. Bahasanya juga tingkat rendahan banget waktu itu, ga cocoklah buat ukuran seorang pelajar menengah pertama.

Of course, SMA nih Senior High School, udah beda jauh. Kalo lagi seneng, ya pasti ngetweetlah (sekarang mainnya twitteran), pake emoticon senyum dan segembira-gembiranya bahkan kalo perlu sampe teriak di twitter pun jadi.

Kalo lagi sedih, biasanya aku suka pake kode-kode rahasia, haha, ya begitulah, beda loh ah sama nyepet! Di sini kalo aku lagi sedih karena sesuatu/seseorang, biasanya aku cuma pake emoticon sedih, karena menurut aku, ekspresi udah cukup bisa menggambarkan perasaan aku tanpa harus nulis panjang-panjang tentang latar belakang kenapa aku sedih.

Dan kalo lagi marah, biasanya aku cuma bergumam dan bersuara ga jelas, di twitter tentunya. Tapi gumaman itu ga selalu berarti aku lagi marah loh ya. Dan aku ini bukan tipe orang yang suka curhat sana-sini. Aku ini udah terbukti, lebih sering sendirian. Emang sih, kata orang-orang ceritain aja masalahmu ke orang lain biar ga terlalu stress. Tapi kenyataannya setiap aku cerita masalah aku atau aku marah, respon dari temen-temen itu selalu ga nyambung, maksudnya itu ga sesuai sama apa yang sebenernya aku rasain, wajar sih, karena ga mungkin orang biasa bisa menebak pikiran.

Nah makanya, aku ga mau malah menambah sakit hati karena ketidakmengertian temen-temen aku soal masalah aku, dan karena aku yakin ga akan ada yang mengerti, jadi sepertinya akan kurang bermanfaat. Tapi emang ada benernya juga ya soal yang cerita-cerita ke orang lain itu, cuma mungkin aku ga terbiasa, jadi cuma dipendem sendiri dan diluapin dengan nulis menulis. Ah sungguh luar biasa menulis itu.

Dan kalo udah ditanyain ‘kenapa’, aku pasti bilang ‘engga’ sambil geleng-geleng, dan seharusnya orang yang cerdas, hehe, bisa ngebaca kalo aku lagi BOHONG berat. Ceweklah wajar,

“Aku ngga apa-apa”  atau “Aku baik-baik aja

Itu tuh dua contohnya kalimat andalan cewek. Kalo aku sih maksudnya BUKAN buat BOHONG, tapi itu tandanya karena aku ga bisa cerita, ga bisa ngasih tau kenapa, kenapa ? Karena hati aku lagi sakiiiiiit banget, makanya ga mampu buat cerita. Itu sih biasanya. Tapi ngga selalu gitu juga. Ada kalanya aku bilang “Ngga apa-apa” itu karena emang ga masalah buat aku. Dan sekali lagi, orang yang cerdas pasti bisa tau perbedaannya.

Back to the topic,

Yang paling sering sih, kalo lagi marah, biasanya aku ngeluapinnya dulu sampe puas. Apalagi kalo lagi marah karena seseorang, aku nunjukkin marahnya aku dulu. Tapi udah gitu beberapa menit/jam kemudian, aku udah lupa lagi. Maksudnya bukannya lupa lagi marah, tapi lupa dalam artian udah ga mengganggu perasaan lagi. Sebab kenapa aku marah, aku tau, cuma hal itu udah ga mengganggu lagi. Seperti yang dikutip oleh sebuah akun di Twitter, katanya orang dengan tipe darah B kalo lagi marah akan meluapkannya sejenak setelah itu lupa. Seperti itulah, aku si tipe darah B.

Lagian aku cewek, keterlaluan kalo selalu ga bisa kontrol emosi, kan kampungan juga kalo marah marah di depan umum, cewe kan ga pantes bentak-bentak.

Jadi buat temen-temen yang pernah bikin aku marah secara sengaja maupun ga sengaja, tenang aja, keep calm because I’m a B ^^ Ya, tenang aja, aku ga akan marah lama-lama, bahkan tergolong sebentar banget. Cuma kalo semisal aku meluapkannya dengan agak keras, terima aja ya, hehe, itu cuma emosi sesaat, tunggu aja beberapa waktu sampai aku kembali lagi. Tapi menunggunya jangan sambil diem, karena aku malah ga suka di diemin, cukup mengobrol di dekat aku aja dan tunjukkan kesetiaan kalian pada sahabat kalian ini =))

Tapi jangan lega dulu, karena di waktu yang mendatang, aku suka teringat lagi rasa sakit hati yang lalu lalu, marahnya aku lah itu bisa kembali lagi. Jangan heran aja pokoknya. Tapi tenang aja lagi, aku ga akan mengungkit-ungkit hal yang basi, ngapain juga ngomongin yang udah berjamur ?

Maksud aku ngasih tau tentang aku ini bukan agar kalian bisa lebih mengerti aku, tapi, sebagai contoh aja kan tadi bilangnya, kali-kali aja ada yang sama kaya aku, atau ada yang mau contoh sisi positifnya aku, hahaha.

Akhir kata, semoga bermanfaat.

Wassalam.

Leave a Reply

