Chivalry, Loyalty, Wit, and Cunning

Published June 10, 2012 by prinprincess

You might belong in Gryffindor,
Where dwell the brave at heart,
Their daring, nerve and chivalry
Set Gryffindors apart;
You might belong in Hufflepuff,
Where they are just and loyal,
Those patient Hufflepuffs are true
And unafraid of toil;
Or yet in wise old Ravenclaw,
If you’ve a ready mind,
Where those of wit and learning,
Will always find their kind;
Or perhaps in Slytherin 
You’ll make your real friends,
Those cunning folk use any means
To achieve their ends.

Chapter SevenThe Sorting Hat, Harry Potter and the Philosopher’s Stone [pottermore.com]

 ~ ~ ~

Pasti kalian penyuka novel dan film Harry Potter akan mengerti apa yang aku share di atas. Di sini aku hanya sekedar share, oke ?😉

Tulisan di atas aku ambil dari postingan Pottermore Insider , yang mana isinya mengandung gambaran seperti apakah kepribadian dari masing-masing asrama di Sekolah Sihir Hogwarts. Sebenarnya itu adalah yang diucapkan Sang Sorting Hat, di seri Philosopher’s Stone tentunya.

Yeah, kalian tahu sendiri kan apa aja asrama-asrama itu :

Gryffindor dengan pendirinya ialah Godric Gryffindor

Hufflepuff dengan pendirinya ialah Helga Hufflepuff

Ravenclaw dengan pendirinya ialah Rowena Ravenclaw

Slytherin dengan pendirinya ialah Salazar Slytherin

Semuanya memiliki kelebihan masing-masing seperti yang sudah digambarkan di atas.

Gryffindor yang daring, nerve and chivalry,

Hufflepuff yang loyal dan unafraid of toil,

Ravenclaw yang wit and learning-nya akan selalu find their kind,

dan Slytherin yang cunning folk-nya use any means to achieve their ends.

Meski pastinya mereka pun memiliki kekurangan, tapi semuanya tetap yang terbaik bagi murid-murid yang berumah tinggal di asrama-asrama tersebut.

Dari sini kita bisa ambil pelajaran, bahwa setiap bagian-bagian dalam kehidupan itu sangat berarti bagi kita sebagai makhluk yang diberi. Walau sejauh apapun perbedaan setiap bagian, percayalah bahwa kita semua satu, kita semua sama-sama makhluk yang diciptakan, yang diberi kelebihan dan kekurangan untuk menjadi kebanggaan tersendiri. Yang membedakan adalah usaha kita, kalau usaha kita sangat besar untuk menjalani kehidupan, kita pasti bukan hanya bisa bangga pada diri kita, tetapi orang lain juga bisa turut bangga dan ikut bahagia.

Contohnya Gryffindor yang selalu menjadi kebanggaan murid-murid penghuninya, yang jika mendapatkan prestasi, semua guru-guru juga turut bangga dan tersenyum seperti yang sering kita lihat adegannya dalam film.

Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slytherin adalah satu. Itu contoh lain yang konkret yang menggambarkan bahwa semua komponen dalam seluruh alam dunia ini adalah satu.

So, jangan pernah berkecil hati dengan apa yang telah kita miliki, syukurilah dan bangga atas itu, namun jangan sampai terbawa ke langit yang menjadikanmu angkuh. Dan tentunya, hargailah setiap perbedaan yang ada.

And then,

Kalau seandainya sekolah Hogwarts adalah kenyataan, lalu kalian penyihir betulan, dan seperti halnya Harry James Potter yang bilang sama anaknya kalau kita bisa memilih akan di asrama mana kita di tempatkan, kalian mau pilih asrama mana ? Gryffindor kah ? Hufflepuff ? Ravenclaw ? atau Slytherin ? Semua tergantung pada kalian.

Kalo aku, jujur lebih prefer ke Gryffindor, bukan karena itu asramanya Harry dan kawan-kawan, tapi memang aku suka banget sama pribadi Gryffindor si ksatria yang berani. Terlihat sangat bijak. Liat aja nih sebagian penyihir Gryffindor yang dikutip dari Wikipedia :

Dan penyihir Gryffindor juga keliatannya yang paling sering/banyak di sebutkan dari keseluruhan novel dan film. Tapi tentu aja, kalian mungkin punya pendapat tersendiri.

Tapi kalo aku liat dari lambang masing-masing asrama, aku suka banget sama lambang asramanya Ravenclaw dengan burung elang gagah dan warna biru dan perunggunya, sumpah keren banget kan.

 Oke, sekian, mungkin ada pelajaran yang dapat kalian petik dari tulisan aku ini, dan jangan lupa untuk para Harry Potter Freak, untuk mencoba permainan bernuansa ketujuh perjalanan Harry Potter dalam Pottermore.com. J.K.Rowling sang ‘pembuat kehidupan Harry Potter’ juga terlibat loh dalam game ini. Mungkin sebagian dari kalian bakal ada yang bilang kalo permainan ini ga jelas banget, tapi engga kok, semua permainan selalu punya tujuan, dan tujuan para HPF di sini untuk menuntaskan ketujuh ‘book’, masing-masing book memuat satu judul seri Harry Potter dan isinya persis seperti dalam cerita.

Di sini kita bisa berduel ataupun membuat ramuan. Tentunya kita juga akan dimasukkan dalam asrama tertentu dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut kepribadian kita sehingga The Sorting Hat dapat dengan objektif memilihkan kita asrama.

Dan aku juga punya akun di sana dengan username HeartChaser2578. Untuk pemilihan username, kita akan diberi 5 pilihan username, dan kita tinggal pilih salah satunya, dan jangan lupa untuk selalu mengingat username kalian.

Tapi sayangnya, Pottermore baru bisa dimainkan sampai Book 1 saja karena Book 2 [The Chamber of Secrets] masih sedang dalam proses. Jadi, sabar aja ^^

[picture sources : hp-lexicon.org; bizgovsociii.wordpress.com; o-p-g.tumblr.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: