Preference

Published May 27, 2012 by prinprincess

Selamat malam, Prince dan Princess ^^

Kali ini aku bakal membawakan sesuatu yang berbeda. Bukan puisi maupun curahan hati seperti biasanya. Tapi di sini aku mempersembahkan sebuah materi bahasa inggris untuk Prince dan Princess sekalian. Kiranya tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan🙂

Materi ini berjudul  ‘Preference

Let’s start !

Preference is used to show liking or fond of something. There are four types of preference and how to ask preference. (Preferensi digunakan untuk menunjukkan keinginan atau menyukai sesuatu. Ada empat jenis preferensi dan bagaimana cara mengajukan preferensi.)

Jadi, yang dimaksud preference atau preferensi adalah sebuah pilihan  atau sesuatu yang lebih disukai. Lebih jelasnya, seperti yang sudah disebutkan di atas, kita menggunakan kalimat preference untuk menunjukkan pilihan atau sesuatu yang kita lebih sukai. Kata benda (Noun) dan kata kerja (Verb) yang disebutkan adalah hal-hal yang sama-sama kita sukai, namun dalam preference, kita memilih salah satu yang paling/lebih kita sukai. 

So, ga ada yang namanya istilah memilih dua-duanya atau suka dua-duanya. Di sini aturannya kan menunjukkan pilihan. Kalau mau mengatakan suka dua-duanya, kita punya Pair Conjunction di mana di sana kita memakai ‘both’ yang menunjukkan bahwa kita menyukai dua hal sekaligus.

Okay, let’s back to the topic,

di atas sudah disebutkan ada empat jenis preferensi. And this are types of preference :

1. Like … better than …

Examples :

1. I like novel better than comic.

2. I like reading novel better than comic.

3. I like reading better than singing.

Kalian lihat ada perbedaan dalam ketiga contoh di atas bukan ? Of course.

Contoh pertama adalah ‘I like novel better than comic’, menunjukkan kesukaan pada sebuah benda (Noun). Tentunya ga ada masalah yang rumit dalam bagian ini.

Lalu mari kita lihat contoh nomor 2 : ‘I like reading novel better than comic’. Tentu di sini jelas ada penggunaan kata kerja (Verb) -ing. Meskipun di sini novel dan komik sama-sama dibaca, tapi dalam kalimat kita tidak perlu menggunakan kata ‘reading’ dua kali seperti contoh berikut : ‘I like reading novel better than reading comic’. Itu tidak perlu. Kita ambil yang efektif aja.

Next, contoh ketiga dengan tanpa kata benda (Noun). Jelas kan ?

Bagian ‘Like … better than …’ ini adalah bagian yang tenses-nya dapat berubah, dengan kata lain tidak selalu ‘Verb-ing’ yang dipakai.

2. Prefer … to …

Examples :

1. a. She prefers reading to singing.

b. She prefers to read rather than sing.

2. She prefers reading novel to comic.

3. She prefers novel to comic.

Nah sekarang kita belajar ‘prefer … to …” =))

Sama halnya dengan ‘Like … better than …“, bagian “Prefer … to …” ini bisa berubah tensesnya. Lihat contoh pertama, di sana ada poin a dan b. Kenapa di sana ada dua poin ? Coba perhatikan dulu perbedaannya dan coba dimengerti. Get it ?

Yeah. Poin a menggunakan pola Subject + prefers + Verb-ing + to + Verb-ing .  Coba fokus pada “Verb-ing + to + Verb-ing”-nya. Lalu lihat poin b yang menggunakan pola yang berbeda :

Subject + prefers + to + Verb I + rather than + Verb I

Remember, itu sudah aturan mainnya. Jadi kalo mau pake Verb I, kalian harus meletakkan ‘prefer’ dan ‘to’ dengan berendengan (tanpa dipisah), lalu gunakan ‘rather than’ sebagai penghubung antara kata kerja. Hope you understand😉

Contoh kedua adalah kasus yang sama dengan contoh ‘Like … better than …’ yang ke dua, begitu pula contoh ketiga yang mirip dengan contoh pertama ‘Like … better than …”

3. Would rather … than

Examples :

1. I would rather read than sing.

2. I would rather reading novel than comic.

3. I would rather novel than comic.

Ini adalah kasus yang berbeda dari kedua jenis Preference di atas.

‘Would rather … than …’ ini tensesnya tidak dapat berubah dan hanya menggunakan present tense yang jelas pakenya verb I. Dan ketiga contoh di atas kiranya bisa dimengerti tanpa harus di jelaskan kembali, karena intinya sama aja kaya contohdi dua jenis preference sebelumnya.

4. Would prefer to … rather than …

Examples :

1. I would prefer to read rather than sing.

2. I would prefer to read novel rather than comic.

3. I would prefer novel rather than comic.

-IN CONSTRUCTION-

2 comments on “Preference

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: