Tentang ‘Kesendirian’

Published May 24, 2012 by prinprincess

Dan andaikan semua insan tahu, 

bagaimana rasanya 

sendirian

Sulit dijelaskan, tapi

rasanya bagaikan tak punya kebahagiaan

sedikitpun…

Itu tulisan yang aku tulis waktu aku lagi sendirian, di kelas, ga ada yang nemenin (sedih banget). Emang sedih. Serba salah juga. Biar aku deskripsiin nih ya gimana serba salahnya kalo aku lagi sendirian kaya gitu.

Kalo aku mau gabung sama temen lain, pasti ada sedikit rasa didiemin. Ini karena kita yang gabung, bukan temen-temen yang ngajakin, jadi kesannya kita tuh ga dibutuhin. Padahal sebenernya NGGA gitu kan ?  Apalagi sekarang lagi jaman-jamannya kata ‘kepo’. Sedikit-sedikit gabung pengen tahu, eh dibilang kepo. Meskipun bercanda nih ya, buat sebagian orang tertentu, dibilangin gitu tuh bisa aja nyakitin hati. Aku sih meskipun kadang sakit hati, tapi untungnya ga jadi dendam. Jadi kesimpulan dari paragraf ini, aku sih mending sendiri aja. Tapi lihat yang berikutnya.

Kalo kita ngga gabung sama yang lain dan tetep konsisten sendiri aja dengan kata lain ngebiarin temen yang nyamperin duluan, aku ngerasa kaya orang bodoh, tolol. Duduk sendirian di tengah-tengah kelas yang lagi rame, tidakkah itu kelihatan konyol ? Engga juga sih. Tapi berdasarkan pengalaman, beberapa persen jawabannya ‘iya’. Dan ada sedikit presentase malunya juga, kaya bener-bener ga punya temen. Apalagi kalo udah ditinggalin sama temen, sudahlah ke laut aja.

Meski walau bagaimana pun juga, ada saat saat di mana aku seneng banget sendirian. Contohnya dulu waktu SMP, aku paling seneng kalo jalan-jalan sendirian, entah itu ke toko buku atau ke mall atau kemanapun lah. Kenapa seneng ? Karena aku bisa bebas. Bebas mau kemanapun, bebas mau ngapain aja. Free banget, ga ada yang larang kesini dan kesana, dan ga ada yang namanya debat mau kesini mau kesana. Merdeka.

Contoh lain, yang ini ga bisa dijelasin kenapa. Ada waktu di mana aku emang lagi nyamannya sendirian. Padahal dua meter dari tempat aku diem, lagi banyak temen-temen yang lagi rame-ramenya bercanda, ketawa-tawa, seneng-seneng. Bahkan di sana pun ada Prince aku, tapi aku tetep milih sendirian. Bukan karena lagi ga mood sama mereka-mereka, tapi entah, aku milih duduk sendirian, mandangin langit dan alam sekitarnya, merenung. Dan di saat itulah,  berbagai macam pikiran, kenangan, masalah, semuanya campur aduk, saling menunggu untuk aku renungkan sampai tuntas.

Terkadang kalo lagi ga mau mikirin hal yang berat-berat kaya gitu, aku lebih suka untuk fokus ke pemandangan di depan mata aku dan ketika itulah aku ngerasa pemandangan jadi indah banget, padahal pemandangan itu adalah pemandangan yang setiap hari aku bisa liat. Subhanallah, aku cuma bisa bilang itu dalem hati. Satu pohon yang daunnya lagi bergerak-gerak gitu aja aku bisa terpana banget ngeliatnya.

Aneh ? Terserah aja. This is me.

Another example.

Kalo lagi sendirian dan lagi ga mood untuk join temen, aku pasti dan selalu nulis-nulis, corat-coret. Apapun itu tulisannya. Sepatah dua patah kata, aku pasti nulis. Cuma sekedar mencurahkan perasaan.

Dan beberapa waktu lalu aku ke kebun binatang sama seorang Prince. Waktu itu, aku banyak diem. Dan selama aku diem sambil jalan ngeliatin hewan-hewan yang ada di sana, aku mikir, merenung. Terutama waktu aku liat seekor beruang coklat. Di sana aku lama banget diemnya, tentu aja, merenung (lagi). Kenapa ? Beruang itu sendirian.

Ah ga tega aslinya deh ngeliat itu Beruang jalan sendirian di kandangnya. Udah pengen nangis aja.

Kenapa pihak kebun binatang ga mencoba untuk lebih memakai hati untuk memperlakukan hewan, karena hewan pun punya hati kan. Yah kalo alasannya karena spesiesnya cuma punya satu, usahalah datangkan lagi buat jadi temen yang satunya.

Kesimpulannya, sendiri itu ga selalu negatif dan ga selalu positif. Kalo emang kita lagi punya waktu untuk sendirian, lebih baik isi waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat, jangan meniru adegan saya yang merenung terus dan terpana hanya karena sebuah daun yang bergoyang.

Demikian, terima kasih=))

Leave a Reply

