Lagi, Puisi yang Menggetarkan

Published May 12, 2012 by prinprincess

AKU INGIN

karya Sapardi Djoko Damono

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada

Di sini aku ngga bisa bicara banyak. Kenapa ? Karena aku sendiri kehabisan kata untuk mengomentari puisi yang bahkan terbilang pendek ini. Di lihat dari sudut pecinta sastra ataupun yang  bukan, atau dari sudut pandang manapun, puisi ini (yang lagi-lagi karya Sapardi Djoko Damono) memang tanpa cela.

Kesederhanaan berpadu dengan keindahan menyempurnakan karya yang menjadi andalan Om Sapardi ini. Sapardi Djoko Damono memang terkenal dengan kata-kata sederhananya yang cantik.

Intinya setiap tulisan beliau benar-benar bukan sebuah goresan kata biasa, tetapi adalah sebuah mahakarya yang sangat disayangkan apabila tidak dijiwai.

Leave a Reply

