Aku dan Hujan Bulan Juni

Published May 12, 2012 by prinprincess

Hujan Bulan Juni

Kalian penyuka puisi dalam negeri tentunya tahu puisi dengan judul ‘Hujan Bulan Juni’ seperti yang sudah disebutkan di kalimat awal dan di judul post ini. Hujan Bulan Juni karya SDD atau nama lengkapnya Sapardi Djoko Damono ini termasuk puisi SDD yang populer dan banyak dikenali orang.

Aku sendiri ngga tau kenapa ketika pertama kali baca puisi ini, aku langsung menyukainya. Kalau puitisnya sih, puisi ini itu menyentuh jiwa banget. Seolah-olah apa ya ? Susah dijelasin, pokoknya. Ngena banget di hati. Ini karya Indonesia kesukaan aku. Kalau emang aku harus bilang ‘Wow’ , aku akan bilang ‘Wow’ dengan segera.

Itu menurutku, aku ngga tahu kalo puisi ini kalian baca dari sudut pandang kalian sendiri. Mungkin ada yang belum pernah baca atau malah baru tahu judulnya aja, berikut puisi lengkapnya.

HUJAN BULAN JUNI

karya Sapardi Djoko Damono

Tak ada yang lebih tabah

dari hujan bulan juni

dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak

dari hujan bulan juni

dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif

dari hujan bulan juni

dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu

Bagaimana ?

Terus terang, buat sebagian orang yang ga terlalu maniak sama karya-karya seperti ini, puisi ini kesannya biasa aja, nothing special.

Tapi buat saya, puisi ini tuh kesannya adalah sebuah tulisan yang agung, berarti, berharga.

Demikian pandangan aku mengenai salah satu puisi SDD ini, selanjutnya aku punya puisi SDD lain yang tentunya lebih ngena di hati😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: